Thursday, March 19, 2015

Mutasi SIM dari Jakarta ke Tangsel

Proses mutasi SIM dari DKI Jakarta ke Tangsel tidaklah ribet cuma butuh kesabaran menunggu proses, kebetulan bulan Januari 2015 SIM saya habis, cari info googling dan nanya juga sama yg dah pada bikin kata mereka cabut berkas dulu dari daerah asal.

Mulai deh saya star dari rumah ke kantor unit pelayanan SIM di Jl. Daan Mogot, di sana masuk ke gedung di pintu masuk di berikan gelang sebagai tanda sedang mengurus mungkin ini cara supaya calo tidak bisa masuk.
karena di depan memang banyak orang yg menawarkan jasa, selanjutnya kita ke ruang arsip di lantai 2 disana kita diminta foto kopi KTP sama SIM masing masing 2 lembar dan sampaikan tujuan kita, saya mengurus untuk mutasi ke Tangerang Selatan kemudian di suruh menunggu di ruang tunggu letaknya di samping ruang arsip, nyaman juga ruangannya full AC ada TV juga tak lama kemudian +/- 20 menit nama saya di panggil di kasih berkas data kita saya pikir selesai ternyata harus menyerahkan data kita secara langsung ke TU ruangannya ada di depan nya, setelah menyerahkan di suruh tunggu lagi di ruang tunggu arsip, +/- 30 menit saya menunggu di panggil oleh petugas selesai sudah surat Mutasi, saya pikir gratis karna di atas plang tertera tulisan Tidak di pungut biaya tapi petugas tersebut meminta uang Rp.100 ribu tanpa bon/kwitansi untuk administrasi katanya.

Berbekal surat Mutasi tersebut saya menuju ke kantor pelayanan SIM Kota Tangerang Selatan, SATPAS SIM Jl makam seribu Serpong, dekat pertigaan CiSauk yang mulai beroperasi 1 April 2014.


di pintu masuk petugas menanyakan tujuan kita dan memberikan tanda pengenal petugas tsb mengarahkan untuk membuat surat kesehatan dahulu, di ruang kesehatan di periksa tensi darah dan mata selesai harus membayar Rp 20 ribu di kasih surat kesehatan yg berwarna merah kemudian keruang pendaftaran, saya berikan surat Mutasi yg dari Kantor SIM DKI tetapi tidak diambil oleh petugas dia langsung memberikan formulir di suruh membayar Asuransi sebesar Rp 30 ribu dan biaya perpanjang SIM Rp 80 ribu , setelah selesai data saya isi kemudian menyerahkan ke loket pendaftaran, petugas disitu meminta administrasi Rp 50 Ribu ngga tau itu biaya apaan karena tidak ada kwitansi atau tanda terima. kemudian menunggu +/- 30 menit di panggil untuk foto, selesai menunggu hasilnya, +/- 10 menit di panggil dan mengambil di loket SIM yang letaknya ada di belakang ruang pendaftaran. kelar dah semua rangkaian pembuatan SIM Mutasi dari DKI ke Tangerang Selatan.


Jam Buka Layanan :
* Senin ~ Jum'at Jam 08.00 s/d 13.00
* Sabtu               Jam 08.00 s/d 11.00
* Minggu dan Hari Libur Nasional Tutup

Tarif resmi:
* Pembuatan SIM A Baru : Rp. 120.000,-* Pembuatan SIM C Baru : Rp. 100.000,-* Perpanjangan SIM A : Rp. 80.000,-* Perpanjangan SIM C : Rp. 75.000,-

*** Saran aja nih kalau mau mutasi Ke Tangerang Selatan langsung aja datang ke kantor SIM tersebut membawa foto kopi KTP + SIM (sim lama) 4 lembar terus duit buat bayar Kesehatan 20 ribu Asuransi 30 ribu biaya perpanjang mutasi 80 ribu sama administrasi 50 ribu total Rp 180 ribu. ngga usah cabut berkas karena lagi saya ngurus petugasnya ngga minta atau nanyain surat mutasi. eh jgn lupa doku nya lebihin buat ngopi hehehe, demikianlah sekelumit pengalaman mudah2an ada manfaatnya, lebih kurangmya mohon maaf apabila ada tulisan yg tdk berkenan ... salam bloger



7 comments:

  1. Thanks infonya kebetulan mau perpanjang sim c dari jaksel ke tangsel

    ReplyDelete
  2. Insya Allah saya mau coba mutasi SIM C Tangerang ke SIM C DKI awal Januari nanti langsung ke Satpas Daan Mogot DKI Jakarta. Mudah2an sukses seperti agan H. Anda. Thanks Info nya gan.

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat informasi ini...
    apakah cabut berkas itu keharusan?

    ReplyDelete
  4. Perpanjangan sekaligus mutasi apakah biayanya sama?

    ReplyDelete
  5. artikel menarik
    jadi tahu tempat sim sekarang
    terima kasih ya

    ReplyDelete
  6. Saya kira kalau mutasi tangsel di daan mogot, ternyata di daerah bsd toh.. Thanks info nya..

    ReplyDelete